Teka-teki Matematika Unik dan Seru

Teka-teki Matematika Unik dan Seru
baik sobat-sobat semua, untuk mengisi waktu luang kalian, kali ini saya akan share tentang soal-soal Teka-teki Matematika Unik dan Seru.  Kerjakan soal-soal Teka-teki Matematika Unik dan Seru berikut dengan menggunakan kecerdikan dan logika kalian tapi jangan terlalu berpikir dengan serius, nanti keningnya cepat mengkerut,, hehee.. berpikirlah dengan rileks, mungkin jawabannya sederhana.. langsung saja dikerjakan ya... simak soal-soalnya berikut ini.
  • Sebuah truk membawa container melewati bawah jembatan layang yang tingginya 3 m, sedangkan container itu 2 cm lebih tinggi dari tinggi kolong jembatan tersebut, sehingga truk container tersebut tidak bisa lewat. Container tersebut berukuran besar dan sangat berat, sehingga tidak bisa diturunkan, sedangkan keadaan jalan searah, sehingga truk tersebut tidak dapat berputar balik. Tolong anda pikirkan bagaimana cara truk tersebut dapat melewati kolong jembatan tersebut dengan selamat ! 
  •  Sony dibesarkan di Mesir. Pada suatu hari ia pergi mengunjungi temannya yang berada di suatu kota kecil di Arab. Dalam perjalanan ia bertemu dengan seorang Sheik dari Arab yang membawa serta ke-tujuh istrinya, setiap istrinya masing-masing membawa 7 buah tas karung, dimana setiap tas karung berisi 7 ekor induk kucing dan setiap induk kucing melahirkan 7 ekor anak kucing. Dapatkah anda membantu Sony menghitung berapa jumlah orang dan hewan yang dia temui diperjalanan tersebut ?
  • Pada suatu hari seorang pemburu pergi berburu, sampai senja hari baru di sampai di rumah, istrunya bertanya:”Berapa ekor binatang yang kamu buru hari ini ?” Si pemburu menjawab: “ Aku berhasil memburu 9 ekor binatang yang tidak memiliki ekor, 8 ekor hanya setengahnya saja, 6 ekor yang tidak memiliki kepala”. Istri pemburu terheran-heran mendengar jawaban si pemburu, ia tidak mengerti apa maksud perkataan suaminya. Dapatkah anda membantu sebenarnya berapa ekor binatang yang berhasil diburu oleh si pemburu ?
  • Jika 3 ekor kucing mampu menangkap 3 ekor tikus dalam tiga hari, maka berapa ekor kucing yang diperlukan untuk menangkap 100 ekor tikus dalam 100 hari ?
  • Pada suatu hari, Anton membawa sejumlah uang berbelanja di Plaza Jembatan Merah. Di toko sepatu ia menggunakan sebagian uang tersebut untuk belanja, di toko baju ia menggunakan sebagian dari uang yang tersisa untuk belanja dan di toko buku gunung agung ia menggunakan sebagian dari uang yang tersisa untuk beli buku. Pada saat keluar dari toko ternyata di dompetnya masih tersisa uang Rp. 40.000,-. Sebenarnya berapa jumlah uang yang dibawa Anton mula-mula?
  • Weni dan Bety sedang bermain di pantai, Weni berkata :”Kamu mengejar saya, kita lihat dapatkah kamu menyusul saya ?” Sekarang Weni berjalan 28 langkah di depan Bety, setiap 2 langkah ia memerlukan waktu 1 detik, sedangkan 2 langkah Bety sama dengan 3 langkah Weni. Jadi berapa banyak waktu yang diperlukan Bety untuk dapat menyusul Weni ?
  • Di dalam sebuah panci terdapat 5 buah apel, dibagikan pada 5 orang anak, setiap orang mendapatkan sebuah apel. Tetapi satu apel harus tetap berada dalam panci, dan untuk membaginya apel tersebut tidak boleh dipotong. Bagaimana cara membagikan apel tersebut ?
  • Dibawah ini terdapat 6 deretan angka 4 sebanyak 4 angka. Dapatkah anda memberikan tanda “ + , -  , x ,  :  “ pada setiap tempat kosong diantara angka-angka tersebut, anda diperbolehkan menggunakan tanda kurung, sehingga hasilnya menjadi benar.
4      4      4     4    =    5
4      4      4     4    =  20
4      4      4     4    =  24
4      4      4     4    =  28
4      4      4     4    =  48
4      4      4     4    =  68
  • Sumanto memelihara ayam dan bebek di rumahnya. Pada suatu hari, Ridwan dating dan bertanya pada Sumanto “ Berapa ekor ayam dan bebek yang kamu pelihara “ ? Sumanto menjawab : “ Jumlah ayam dikalikan dengan jumlah bebek, hasil kalinya lalu kamu pantulkan ke cermin, apa yang kamu lihat dalam cermin itulah yang merupakan jumlah ayam dan bebek yang saya pelihara.” Ridwan sangat bingung, dapatkah anda membantu ?
  • Sebuah kereta bergerak dari kota A dengan membawa 5 orang penumpang, ketiga sampai di kota B, tiga penumpang turun dan dua naik, sesampai di kota C, satu orang naik, Di kota D tiga penumpang turun dan empat penumpang naik, tanpa disangka kereta tersebut diserang oleh pembajak akibatnya 2 orang terbunuh, setelah sampai dikota E si Masinis meninggalkan jenazah dan 2 orang penumpang yang terluka di kota tersebut. Kereta melanjutkan perjalanan ke kota F, ketika sampai di kota F berapa orang penumpang lagi yang tertinggal di kereta ?
Selamat Mencoba…
                            
Permainan  Math Trick -1 
Berikan kepada dua orang teman anda selembar kertas dan pena, minta keduanya untuk memilih sebuah bilangan sembarang antara 1 dan 99 dan tulis secara tersembunyi dalam selembar kertas. Anda harus menebak bilangan-bilangan tersebut dengan suatu perhitungan. Berikan sebuah kalkulator kepada salah satu teman anda tadi dan minta dia untuk mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Kalikan bilangan yang dipilih dengan 2, tekan =
  2. Tambahkan 4 dan tekan =
  3. Kalikan dengan 5 dan tekan =
  4. Tambahkan 12 dan tekan =
  5. Kalikan dengan 10 dan tekan =
  6. Tanpa menghapus hasil dalam kalkulator tadi minta teman anda yang pertama untuk diberikan kepada teman yang satunya, kemudian suruh dia untuk menambahkan bilangan yang ia pilih agar diperoleh jumlah bilangan nya pada kalkulator.
  7. Kurangi hasil baru perhitungan tadi dengan 320 dan tekan =
  8. Bagi dengan 100 dan tekan =
  9. Lihat oleh anda dalam kalkulator. Digit-digit disebelah kiri dari koma desimal akan menunjukkan bilangan yang teman pertama anda pilih, dan setelah koma desimal merupakan bilangan dari teman anda yang satunya lagi. Minta kedua teman anda menunjukkan bilangan-bilangan yang mereka tulis tadi. Mereka harus mencocokkan kedua bilangan mereka dengan bilangan yang tertera pada layar kalkulator. Coba anda analisa mengapa bisa terjadi demikian ?
Pemainan  Math Trick - 2
     Untuk permainan kali ini anda membutuhkan kertas, pensil dan kalkulator, ikuti langka-langkah berikut:
  • Pada selembar kertas buat 10 nomor berurut ke bawah dan minta seseorang teman anda untuk menuliskan sembarang bilangan pada nomor pertama.
  • Kemudian minta teman anda yang lain untuk menuliskan sembarang bilangan yang lain pada nomor kedua.
  • Sekarang minta kepada salah satu dari mereka untuk menjumlahkan kedua bilangan tersebut dan hasilnya tuliskan pada nomor 3, demikian juga selanjutnya jumlahkan angka pada nomor 2 dengan angka nomor 3 dan hasilnya tuliskan pada nomor 4, demikian seterusnya sampai nomor 10 teriisi.
  • Setelah semua nomor 1 s/d 10 terisi dengan jumlah bilangan-bilangan tadi minta teman anda tersebut untuk menjumlahkan semua bilangan tadi dengan menggunakan kalkulator.
  • Anda dengan mudah menebak berapa jumlah bilangan tadi hanya dengan perhitungan yang sangat sederhana dengan hanya satu langkah.
  • Kuncinya ada pada bilangan pada nomor 7, Anda cukup mengalikannya dengan 11, maka langsung akan diperoleh jumlah semua bilangan tadi.
Anda kurang yakin dan percaya, silahkan anda mencobanya !

Pemainan  Math Trick - 3
       Permainan berikut sangat menarik, anda dapat dengan mudah menebak berapa umur   teman   anda    tanpa diberitahukan kepada Anda. Ikuti langkah-langkah berikut :
  • Mintalah kepada seorang teman anda untuk memilih bilangan apa saja ( jangan lebih dari 5 angka ), kemudian tuliskan dimana anda tidak dapat melihatnya.
  • Kemudian bilangan tadi kalikan dengan 9 selanjutnya tambahkan dengan usia teman anda tersebut.
  • Anda minta hasil  akhirnya, dengan melihat hasil akhir tadi anda dengan mudah menebak berapa umur teman anda tersebut.
  • Caranya sangatlah mudah, anda cukup menjumlahkan semua angka pada hasil akhir tadi sampai mendapatkan 1 angka. Jika usia teman anda dibawah 10 tahun, angka itulah usianya, jika antara 10 s/d 20 thn angka tadi ditambah 9, jika antara 20 s/d 30 thn angka tadi ditambah 18, jika antara 30 dan 40 thn angka tadi ditambah 27 demikian seterusnya.
Selamat Mencoba……
(Sumber : Koleksi Permainan Matematika dari buku Matematika Aplikasi – Penyusun Drs. Matrisoni )

Terima kasih atas kunjungannnya. . .sampai ketemu dengan informasi matematika lainnya..