25 Nama Nabi dan Rasul yang Wajib diketahui beserta Sifat-sifatnya

Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui, Sifat Wajib / Mustahil / Jaiz dari Nabi dan Rasul, 25 Nama Nabi Dan Rasul yang Wajib diketahui, Nama-nama Nabi dan Rasul Allah, Nama-nama Nabi dan Rasul Umat Islam serta Sifat-sifatnya, Daftar nama 25 Nabi dan Rasul dan sifatnya.

Assalamu'alaikum sobat karyaku, disini saya ingin berbagi tentang 25 Nama Nabi dan Rasul yang Wajib diketahui beserta Sifat-sifatnya. Informasi ini cukup penting diketahui terutama oleh umat Islam dimanapun berada. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.karyaku.web.id/

Pengertian Nabi dan Rasul

Nabi dalam Islam adalah seorang dengan jenis kelamin laki-laki yang mendapat wahyu dari Allah SWT namun tidak wajib menyebarluaskan wahyu tersebut kepada orang lain.

Dalam ajaran Islam, Rasul adalah seseorang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT dan memiliki kewajiban untuk menyebaluaskan wahyu tersebut kepada umatnya.

Perbedaan Nabi dan Rasul

Setiap rasul pastilah seorang nabi, tapi tidak setiap nabi itu seorang rasul. Dengan demikian, jumlah nabi jauh lebih banyak dibanding jumlah rasul.

Seperti yang disebutkan dalam wikipedia bahwa jumlah nabi sangatlah banyak yaitu ada 124 ribu orang, sedangkan jumlah rasul hanya ada 312.

Hal ini dipertegas dengan adanya hadits yang diriwayatkan At-Turmuzy sebagai berikut :
Dari Abi Zar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para nabi, “(Jumlah para nabi itu) adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) nabi.” “Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?” Beliau menjawab, “Tiga ratus dua belas (312)” (HR. At-Turmuzy) 
Sifat-sifat Wajib Bagi Nabi dan Rasul

Setiap orang memiliki sifat termasuk seorang Nabi dan Rasul pun demikian. Nabi dan Rasul memiliki 4 sifat seperti berikut ini.

1. Shiddiq (Benar)

Shiddiq berarti benar dari perkataan dan perbuatan. Jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang pembohong yang suka berbohong.

2. Amanah (dapat dipercaya)

Amanah artinya terpercaya atau dapat dipercaya. Jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang pengkhianat yang suka berkhianat.

3. Tabligh (menyampaikan)

Tabligh adalah menyampaikan wahyu atau risalah dari Allah SWT kepada orang lain. Jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul menyembunyikan dan merahasiakan wahyu / risalah Allah SWT.

4. Fathonah (Cerdas)

Fathonah adalah cerdas, pandai atau pintar. Jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang yang bodoh dan tidak mengerti apa-apa.

Sifat-Sifat Mustahil Bagi Nabi dan Rasul

Sifat Jaiz merupakan kebalikan dari sifat wajib. Ada 4 sifat jaiz bagi nabi dan rasul :

1. Kizib (Bohong)

kizib memiliki arti berdusta atau berbohong dan sifat ini tidak mungkin dimiliki oleh para Nabi dan Rasul Allah

2. Khianat Tidak dapat dipercaya)

Khianat artinya tidak dapat dipercaya. Seorang nabi dan rasul tidak mungkin memiliki sifat khianat.

3. Kitman (Menyembunyikan)

Kitman artinye menyembunyikan. Seorang nabi dan rasul tidak mungkin menyembunyikan wahyu yang harus disampaikan kepada orang lain.

4. Baladah (Bodoh)

Baladah artinya bodoh. Baladah. Seorang nabi dan rasul tidak mungkin orang yang bodoh.

Sifat Jaiz Bagi Nabi dan Rasul

Sifat Jaiz artinya sifat-sifat yang sama sebagaimana manusia semestinya, contohnya yaitu makan, minum, tidur, dan lain sebagainya. Seorang nabi dan rasul pasti memiliki sifat jaiz ini.

25 Nama Nabi dan Rasul yang Wajib diketahui

Berikut ini adalah daftar nama 25 Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui.

1. Adam AS.
2. Idris AS.
3. Nuh AS.
4. Hud AS.
5. Soleh AS.
6. Ibrahim AS.
7. Luth AS.
8. Ismail AS.
9. Ishak AS.
10. Yakub AS.
11. Yusuf AS.
12. Ayub AS.
13. Sueb AS.
14. Musa AS.
15. Harun AS.
16. Zulkifli AS.
17. Daud AS.
18. Sulaiman AS.
19. Ilyas AS.
20. Ilyasa AS.
21. Yunus AS.
22. Zakaria AS.
23. Yahya AS.
24. Isa AS.
25. Muhammad SAW

Nabi dan Rasul yang mendapatkan Gelar Ulul Uzmi

Ulul Uzmi adalah gelar yang diberikan kepada nabi dan rasul pilihan yang memiliki tingkat kesabaran dan ketabahan luar biasa. Berikut Nabi dan Rasul yang mendapatkan Gelar Ulul Uzmi

1. Adam AS.
2. Nuh AS.
3. Ibrahim AS.
4. Isa AS.
5. Muhammad SAW

Rasul yang memiliki Kitab Suci

Dalam Islam terdapat 4 orang Rasul dan kitabnya yang wajib kita ketahui, yaitu antara lain :

1. Musa AS. memiliki kitab suci Taurat
2. Daud AS memiliki kitab suci Zabur)
3. Isa AS. memiliki kitab suci Injil
4. Muhammad SAW. memiliki kitab suci Al-Qur'an


Demikianlah 25 Nama Nabi dan Rasul yang Wajib diketahui beserta Sifat-sifatnya. Semoga setelah mengetahui dan memahami penjelasan di atas sobat semua semakin baik dari segi keimanannya. Amin.
Mari turut berbagi informasi ini pada saudara-saudara kita yang membutuhkannya. Cukup sekian dan terima kasih dan sampai jumpa kembali.