10 Cara Menemukan Ide dan Inspirasi Menulis

Cara Menemukan Ide dan Inspirasi Menulis -- Cara Menemukan Ide & Inspirasi Menulis untuk Pemula, Cara Menemukan Inspirasi Menulis, Cara Mencari dan Mendapatkan Ide dan Inspirasi, Cara Cepat Mendatangkan Inspirasi Menulis, Cara Mudah & Cepat Menemukan Sumber Inspirasi Menulis

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang 10 Cara Menemukan Ide dan Inspirasi Menulis. Informasi ini ditujukan terutama bagi para pemula yang ingin memulai untuk menghasilkan sebuah karya tulis. Langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.karyaku.web.id/

Menulis adalah suatu kegiatan menciptakan suatu catatan atau informasi yang dimuat pada suatu media menggunakan bahasa tulis sebagai alat penyampai.

Menulis juga merupakan salah satu cara melatih kreativitas kita untuk terus mengembangkan kemampuan kita dalam berkarya. Ide-ide yang kita miliki tidak hilang begitu saja, namun dapat tersalurkan melalui tulisan.

Kita dapat menulis apa saja yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Kita bisa berbagi informasi, cerita, pengalaman, ilmu, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka apa yang kita sampaikan bisa dijadikan tambahan wawasan bagi pembaca.

Nah, sekarang apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang penulis?

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang penulis, maka kamu perlu mengetahui cara-cara menemukan inspirasi menulis agar kamu bisa menemukan ide-ide menulis.

Seorang penulis biasanya akan banyak menghabiskan waktunya untuk menyendiri. Mengapa demikian? karena seorang penulis membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi dalam menyalurkan ide-ide menulisnya agar karya yang dihasilkan bisa bagus dan menarik.

Andaikan kamu menulis ditempat ramai atau sambil ngobrol dengan banyak teman, maka kamu bisa kehilangan fokus dan konsentrasi sehingga apa yang akan ditulis bisa lupa. Ketika kamu berkumpul teman, kamu cukup menemukan ide saja dan ketika pulang ke rumah, kamu bisa mengembangkan ide yang didapatkan menjadi sebuah karya yang layak dibaca.

Seorang penulis membutuhkan sumber inspirasi untuk menemukan ide-ide menulisnya. Dengan banyaknya inspirasi, maka bisa semakin banyak pula tulisan yang bisa dihasilkan. 

Perlu diketahui bahwa inspirasi menulis bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Terkadang tanpa kita pikirkan sebelumnya, saat ngobrol--ngobrol dengan teman tiba-tiba dapat ide menulis, atau saat jalan-jalan tiba-tiba muncul ide untuk ditulis. Dari hal-hal seperti itulah terkadang inspirasi menulis bisa muncul.

Berikut ini admin sajikan Cara Menemukan Inspirasi Menulis khuunya untuk pemula yan ingin memulai menciptakan karya tulis. Silahkan baca dan pahami.

10 Cara Menemukan Ide dan Inspirasi Menulis

1. Membaca artikel di Blog

Salah satu cara untuk menemukan inspirasi menulis adalah membaca tulisan orang lain di Blog. Seperti yang kita ketahui bahwa Blog ada di Internet dan internet adalah perpustakan terbesar di dunia. Jadi kamu bisa menemukan inspirasi menulismu di internet dengan membuka blog.

Ketika kamu telah menemukan inspirasi menulismu, maka segeralah menulis dan kembangkan tulisanmu dengan kreatif agar menarik.

2. Membaca Buku

Buku adalah sumber ilmu. Kamu bisa mencari inspirasi menulismu dengan membaca buka yang relevan dengan apa yang kamu inginkan.
Banyak buku yang di karang oleh orang-orang ternama. Buku yang dikarang orang-orang tersebut biasangnya  telah mendapat top brand sehingga cukup bagus untuk dijadikan inspirasi menulis.

3. Mendengarkan Dialog

Mendengarkan dialog dapat memberikan inspirasi bagi kita. Banyak ragam dialog yang disajikan di Televisi atau radio. Kamu harus memilih dialog yang relevan dengan ide yang akan dikembangkan sehingga kamu bisa mendapatkan inspirasi menulis.

4. Menonton Film Inspirasi

Menonton film bukan hanya sekadar hiburan. Dengan menonton film terutama film inspirasi, kisah yang ditayangkan dalam film yang kamu tonton akan memberikan inspirasi menulismu. Kamu dapat mencatat sedikit point-point penting saat kamu menonton sehingga ketika kamu pulang kerumah , maka kamu bisa langsung menuliskan ide-ide ceritamu.

5. Menghadiri Seminar

Ketika ada seminar yang memiliki tema yang sesuai dengan minatmu dalam menulis, maka kamu perlu untuk menghadiri seminat tersebut agar kamu bisa mendapatkan ilmu dan wawasan sesuai keahlianmu.

Selain itu, kamu akan mendapatkan inspirasi menulis setelah mendengarkan para pembicara menyampaikan materinya. Kamu juga dapat bertanya langsung pada para pembicara mengenai hal yang ingin kamu ketahui.

6. Ngobrol dengan Teman

Banyak sekali hal-hal iaik yang didapatkan dengan memiliki banyak teman. Kita bisa berbagi cerita, suka, duka, pengalaman, ilmu, rezeki, dan banyak hal lainnya.

Ngobrol dengan teman selain bisa berbagi kita juga bisa mendapatkan inspirasi menulis. Kamu yang suka menulis dapat menuliskan kembali percakapan yang telah kamu lakukan bersama temanmu menjadi sebuah cerita atau cerpen yang unik dan menarik. Atau kamu juga bisa menuliskan cerita lainnya dengan didasarkan pada ide yang diperoleh saat kamu ngobol bersama temanmu.

7. Membaca Kata-kata Inspirasi

Kata-kata inspirasi dibuat dengan tujuan untuk menginspirasi para pembacanya. Kamu yang hobi menulis bisa menemukan inspirasi menulismu dengan membaca kata-kata inspirasi. Di dalam kaa-kata inspirasi yang dibuat oleh orang-orang hebat terdapat makna mendalam yang bisa menjadi inspirasimu.

8. Melihat Pemandangan Alam

Pemandangan alam disekitarmu bisa kamu jadikan sebagai sumber inspirasi. Kamu bisa memandang keindahan lautan, sungai, danau, hujan, anak sungai, bahkan genangan air, dan lain-lain.

Inspirasimu akan muncul saat kamu benar-benar merasakan keindahan yang disajikan oleh Alam. Kamu bisa membuat tulisan tentang alam dengan menceritakan keindahan yang bisa dinikmati oleh manusia.

9. Traveling

Traveling atau jalan-jalan bisa membuat kita merasa senang karena bisa menikmati keindahan seuatu tempat yang mungkin saja baru pertama kali kita kesana. Selain bisa bersenang-senang, dapat memberikan inspirasi yang baik untuk seorang penulis.

Banyak ide-ide yang bisa didapatkan dari jalan-jalan, baik ide dari alam, ide dari cerita tempat yang dikunjungi, ide dari apa yang kita lakukan saat traveling, dan lain-lain. Bagi seorang penulis, semua itu bisa dijadikan sebagai sumber inpirasi untuk menulis.

10. Membaca Kisah Inspirasi

Kisah inspirasi seseorang bisa menjadi sumber inspirasi menulis. Kamu baca terlebih dahulu kisah tersebut dan kemudian kamu bisa menulis ulang kisah tersebut dengan bahasamu sendiri untuk disampaikan ulang kepada orang lain.

Selain itu, kamu bisa membuat cerita inspirasi, cerita motivasi, atau lainnya yang idenya diambil dari kisah inpirasi yang telah kamu baca.

11. Dan Lain-lain

Selain cara menemukian ide menulis yang telah disampaikan di atas, masih banyak lagi cara menemukan ide menulis lainnya. Kamu bisa searching di google mengenai hal itu.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang 10 Cara Menemukan Ide dan Inspirasi Menulis. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk anda khususnya para pemula yang ingin berkarya.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan silahkan baca artikel menarik lainnya. Jangan lupa untuk share and like (G+1  / FB ) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkannya. Cukup sekian dan salam sukses untuk kita semua.