10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib diketahui

10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib diketahui -- 10 Nama Malaikat Allah SWT beserta Tugas-tugasnya, Daftar 10 Nama Malaikat Allah SWT dan Tugasnya, Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya, 10 Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui oleh Orang Islam, Ketahui 10 Malaikat Beserta Tugasnya

Halo sobat karyaku. Kali ini admin akan berbagi informasi tentang 10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib diketahui. Informasi ini diharapkan dapat menambah wawasan admin dan sobat semua terutama untuk kaum muslim. Langsung saja simak pembahasan informasinya berikut ini.

http://www.karyaku.web.id/

Orang islam tentunya telah mengetahui bahwa Rukun Iman dalam agama Islam ada 6 (enam), salah satunya yaitu iman kepada Malaikat.

Iman kepada malaikat artinya meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT memiliki malaikat-malaikat yang telah diciptakanNya dari nur (cahaya) untuk menjalankan segala perintahNya.

Hukum Beriman kepada Malaikat telah dijelaskan dalam al-Qur'an dan al-Hadis yaitu Q.S. Al Baqarah (2) : 285 , Q.S. Fathir (35) : 1 , Q.S. An-Nisa' (4) : 136 , Q.S. An-Nisa' (4) : 136, serta H.R. Imam Muslim. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan buka al-Quran sobat.

Malaikat adalah mahluk gaib, sehingga tidak dapat dilihat, didengar, atau disentuh, serta tidak berwujud. Malaikat selalu taat, tunduk, dan patuh kepada Allah, tidak pernah ingkar janji dan tidak membutuhkan makan dan minum seperti manusia.

Allah SWT telah menciptakan 10 Malaikat beserta tugasnya masing-masing. Kesepuluh malaikat tersebut yaitu sebagai berikut :

10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib diketahui

1. Malaikat Jibril
  • Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu Allah kepada para nabi dan rosul. Malaikat Jibril adalah penghubung antara Allah SWT dengan nabi dan rosul-Nya.

2. Malaikat Mikail
  • Malaikat Mikail bertugas memberi rejeki kepada manusia
3. Malaikat Israfil
  • Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala pada hari kiamat.
4. Malaikat Izrail
  • Malaikat Izrail bertugas sebagai pencabut nyawa
5. Malaikat Munkar
  • Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan manusia di alam kubur tentang amal perbuatan mereka saat masih hidup
6. Malaikat Nakir
  • Seperti malaikat Munkar, malaikat Nakir juga bertugas menyakan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia
7. Malaikat Raqib
  • Malaikat Raqib bertugas mencatat segala amal baik yang dilakukan manusia
8. Malaikat Atid
  • Malaikat Atib bertugas mencatat segala perbuatan buruk yang dilakukan manusia.
9. Malaikat Malik
  • Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka
10. Malaikat Ridwan
  • Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

Itulah 10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib diketahui terutama oleh orang-orang Islam.


Demikianlah artikel tentang 10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib diketahui. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat terutama untuk kaum muslim semua dimanapun berada.

Semoga setelah membaca artikel ini, kita semua semakin baik pengetahuannya tentang Agama Islam.
Ayo like dan share artikel ini. Terima kasih.